Selasa, 07 Juli 2015

Infeksi saluran Kemih

Apakah infeksi saluran kemih (ISK)

Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang disebabkan oleh organisme patogen (misalnya, bakteri, jamur, atau parasit) dalam salah satu struktur yang terdiri dari saluran kemih.

Namun, ini adalah definisi luas dari infeksi saluran kemih; banyak penulis lebih memilih untuk menggunakan istilah yang lebih spesifik yang melokalisasi infeksi saluran kemih ke segmen struktural utama yang terlibat, seperti uretritis (infeksi uretra), sistitis (infeksi kandung kemih), infeksi saluran kencing, dan Pielonefritis (infeksi ginjal).

Struktur lain yang akhirnya terhubung ke atau berbagi anatomi jarak dekat dengan saluran kemih (misalnya, prostat, epididimis, dan vagina) kadang-kadang dimasukkan dalam pembahasan ISK karena mereka dapat menyebabkan atau disebabkan oleh ISK. Secara teknis, mereka tidak ISK.

ISK yang umum, lebih umum pada wanita dibandingkan pria, menyebabkan sekitar 8,3 juta kunjungan dokter per tahun. Meskipun beberapa infeksi tidak diketahui, ISK dapat menyebabkan masalah yang berkisar dari disuria (nyeri dan  atau terbakar saat buang air kecil) untuk kerusakan organ dan bahkan kematian.

Ginjal adalah organ yang aktif, selama produksi rata-rata sekitar 1,5 liter urine per hari, berfungsi untuk membantu menjaga dan cairan elektrolit (misalnya, kalium, natrium, air) dalam keseimbangan, membantu pembuangan produk limbah (urea), dan menghasilkan suatu hormon yang membantu untuk membentuk sel darah merah. Jika ginjal terluka atau hancur oleh infeksi, fungsi-fungsi penting dapat rusak atau hilang.

Sementara beberapa peneliti menyatakan bahwa ISK tidak ditularkan dari orang ke orang, peneliti lain berbeda pendapat dan mengatakan ISK dapat menular dan merekomendasikan bahwa pasangan seks menghindari hubungan dengan penderita. Tidak ada perselisihan tentang ISK yang disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) organisme; infeksi ini (gonore, klamidia) mudah menular antara mitra seks dan sangat menular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar