Senin, 03 September 2018

4 Masalah Kesehatan yang Diatasi Wanita (dan Pria Tidak)

Kita semua memiliki kekhawatiran. Terkadang mereka bekerja, uang, atau membawa anak-anak ke sekolah tepat waktu. Tetapi ketika menyangkut kesehatan, wanita memiliki masalah dan kebutuhan unik. Dan biasanya, mereka tidak dibagikan oleh pria.

Selama kehidupan seorang wanita, kebutuhannya berubah karena sejumlah alasan. Dia menghadapi pilihan, seperti keibuan, dan realitas, seperti menstruasi. Lalu datanglah efek penuaan dan menopause. Ada hal-hal lain yang lebih di luar kendalinya, seperti kesehatan mental atau kekerasan seksual dan domestik.

Menyadari pergeseran terkait kesehatan ini dan bagaimana mereka dapat memengaruhi kehidupan seorang wanita adalah satu hal. Mengatasi mereka ketika muncul adalah hal lain. Hal ini dapat menjadi rumit, terutama bagi perempuan dengan akses kesehatan atau pembatasan keuangan yang terbatas.

Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah kesehatan yang unik untuk wanita dan bagaimana cara menanggapinya.
1. Kanker serviks

Setiap tahun, sekitar 12.000 wanita di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker serviks. Tes Pap, atau Pap smear, adalah tes skrining untuk kanker serviks. Tes ini adalah bagian umum dari ujian ginekologi.

Tes ini dengan lembut menggores sel-sel dari leher rahim dan menguji mereka untuk kelainan. Menurut National Cancer Institute, pemutaran Pap secara teratur secara drastis mengurangi insidensi dan mortalitas kanker serviks, mungkin hingga 80 persen. Penelitian menunjukkan tes Pap mungkin sangat penting dalam menangkap kanker atau kondisi lain pada wanita yang lebih tua dari 30 tahun.

Kanker serviks disebabkan oleh human papilloma virus (HPV), yang ditularkan secara seksual. Selain tes Pap, Anda dapat meminta tes HPV. Tes ini memeriksa tipe HPV risiko tinggi yang paling sering menyebabkan kanker serviks. Tes dapat dilakukan pada saat yang sama dengan tes Pap.
Apa yang bisa kamu lakukan tentang itu?

Wanita yang lebih tua dari 21 harus mendapatkan tes Pap reguler, dan wanita yang lebih tua dari 30 harus mendapatkan kombinasi HPV dan tes Pap, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).
2. Kesehatan payudara

Kanker payudara adalah kanker paling umum pada wanita, selain kanker kulit. Ini mempengaruhi sekitar satu dari delapan wanita di Amerika Serikat, dan sekitar satu dari 1.000 pria. Pada tahun 2017 saja, ini berarti 252,710 kasus baru kanker payudara invasif dan sekitar 40.610 kematian.

Pemeriksaan payudara, termasuk pemeriksaan payudara dan mammogram klinis, adalah penting. Mereka dapat membantu Anda melacak perubahan dalam tubuh Anda dan mendeteksi kanker payudara sejak dini. Mereka dapat membantu anak perempuan dan perempuan menjadi akrab dengan apa yang "normal" untuk payudara mereka. Mendeteksi kanker secara dini dapat membantu mengurangi perkembangan penyakit dan tingkat keparahan dan invasif perawatan.
Apa yang bisa kau lakukan?

Jika Anda berusia lebih dari 40 tahun, Anda harus mendapatkan mammogram secara teratur, menurut American Cancer Society. Tetapi penting bagi wanita dari segala usia untuk menyadari bagaimana payudara mereka terasa dan terlihat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang rekomendasi risiko dan pencegahan kanker Anda.
3. STD tertentu

Penyakit menular seksual (PMS) tidak unik untuk wanita, tetapi beberapa lebih memengaruhi wanita. Mereka juga dapat memiliki konsekuensi serius khusus untuk wanita. Bagian dari tantangan untuk wanita adalah bahwa banyak PMS tidak menunjukkan gejala. PMS lain memiliki gejala, tetapi mereka mudah bingung dengan kondisi seperti perdarahan menstruasi yang berat atau perdarahan antar periode. Misalnya, ini adalah gejala klamidia dan kencing nanah.

Dibutuhkan perjalanan ke dokter atau klinik untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat. Jika dibiarkan tidak diobati, chlamydia dan gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Ini dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, kehamilan ektopik, atau bahkan infertilitas.
Apa yang bisa kamu lakukan tentang itu?

Perlu mengajukan pertanyaan secara pribadi atau anonim? Agen seperti Planned Parenthood menawarkan layanan obrolan daring. Anda bahkan dapat memesan tes STD mail-in untuk diambil di rumah untuk chlamydia dan gonorrhea.

Namun, Anda harus selalu merasa nyaman berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang STD. Wanita yang aktif secara seksual yang lebih muda dari 25 atau yang memiliki banyak pasangan seks harus meminta tes klamidia dan gonore tahunan. Jika Anda hamil, tanyakan dokter Anda tentang tes STD di awal kehamilan Anda. Ini harus termasuk tes HIV dan hepatitis B.
4. Metode pengendalian kelahiran

Perlindungan dan pengendalian kelahiran bukan hanya tanggung jawab perempuan, tetapi sebagian besar opsi yang tersedia ditujukan untuk mereka. Menurut CDC, hampir 87 persen wanita di Amerika Serikat antara usia 15 dan 44 tahun aktif secara seksual. Di antara mereka, 99 persen telah menggunakan kontrasepsi setidaknya sekali. Tetapi sementara hampir semuanya telah memiliki pasangan pria mereka menggunakan kondom, hanya 15 persen wanita yang aktif secara seksual bergantung pada kondom saja. Bagi banyak orang, metode kontrasepsi seperti pil hormon dan IUD adalah cara paling efektif untuk mengatur kapan, jika, dan bagaimana mereka ingin memiliki anak.

Apa yang bisa kau lakukan?

Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, bisa sulit untuk menemukan alat kontrasepsi yang memenuhi kebutuhan Anda. Pada akhirnya, metode pengendalian kelahiran yang terbaik adalah metode yang cocok untuk Anda dan gaya hidup Anda. Pastikan untuk mendiskusikan pilihan Anda dengan dokter atau ginekolog Anda.

Jenis pengendalian kelahiran yang tepat untuk Anda? »

Karena banyak metode pengendalian kelahiran bergantung pada hormon untuk mencegah kehamilan, pengendalian kelahiran dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Planned Parenthood memiliki aplikasi untuk itu: Spot On, yang memungkinkan Anda melacak periode Anda dan tetap di atas kendali kelahiran Anda.
Bawa pulang

Mencari tahu cara memantau dan menjaga kesehatan Anda - termasuk kesehatan seksual dan mental Anda - dapat luar biasa, tetapi ada profesional dan layanan di sana untuk membantu Anda. Hubungi dokter Anda dan cari tahu layanan dan program apa yang tersedia di daerah Anda untuk membantu Anda menjadi diri Anda yang paling sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar