Senin, 03 September 2018

Seks Sehat untuk Wanita

Kesehatan seksual memiliki banyak aspek, termasuk perlindungan dari infeksi menular seksual (IMS), pengendalian kelahiran dan keluarga berencana, dan dorongan seksual dan pemenuhan hubungan seksual. Bagi wanita, kesehatan seksual secara signifikan berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Berlatih seks yang aman, menggunakan kontrasepsi dengan benar, dan mendapatkan skrining secara teratur untuk IMS dapat menjaga kesehatan seksual Anda dalam kondisi yang baik.
Memahami penyakit menular seksual dan infeksi

Jika Anda seorang wanita yang aktif secara seksual, Anda berisiko tertular STD, yang sekarang lebih dikenal sebagai IMS. Risiko meningkat dengan semakin banyak pasangan seksual yang Anda miliki. Namun, mungkin untuk mengontrak STI saat pertama kali Anda berhubungan seks. Seks vagina, anal, dan oral semuanya menempatkan Anda pada risiko infeksi menular seksual, jadi penting untuk mengetahui cara melindungi diri sendiri.
Berlatih seks aman

Seks aman, menggunakan metode penghalang seperti kondom atau bendungan gigi, sangat efektif mencegah IMS yang menyebar melalui sekresi, seperti HIV, kencing nanah, klamidia, dan hepatitis. Ini kurang efektif dalam mencegah IMS yang ditularkan melalui kontak kulit-ke-kulit, seperti sifilis, HPV (human papilloma virus), dan HSV (herpes). Tetapi itu masih bisa mengurangi risiko Anda.

Cobalah untuk menggunakan kondom lateks atau polyurethane dan dam gigi setiap kali Anda melakukan kontak seksual atau penetrasi apa pun. Selalu ada keuntungan menggunakan perlindungan. Penggunaan penghalang yang konsisten dapat mengurangi transmisi IMS selama:

    seks oral
    seks vaginal
    seks anal

Sejumlah IMS dapat ditularkan selama seks oral. Ini termasuk:

    sipilis
    HPV
    herpes
    gonorea
    klamidia

Sebagian besar kanker mulut dan tenggorokan sekarang diketahui karena HPV, biasanya dari seks oral tanpa kondom.
Vaksin pencegahan

Saat ini ada vaksin untuk tiga IMS: human papillomavirus (HPV), hepatitis B, dan hepatitis A.

Tiga vaksin HPV saat ini disetujui oleh FDA:

    Cervarix melindungi terhadap dua strain HPV yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker serviks.
    Gardasil melindungi terhadap kedua strain tersebut, serta dua strain yang menyebabkan mayoritas kutil kelamin.
    Gardasil 9 mencakup empat strain HPV yang sama dengan Gardasil tetapi mencakup lima strain “risiko tinggi” tambahan (sembilan strain secara keseluruhan).

Vaksin ini paling efektif ketika diberikan sebelum seseorang mulai berhubungan seks. Biasanya disarankan untuk memulai vaksinasi untuk wanita dan pria muda, mulai dari usia 11 tahun. Anda masih dapat divaksinasi melalui usia akhir 20-an.

Vaksin juga tersedia untuk hepatitis B. Biasanya diberikan selama masa bayi. Hepatitis B menyebabkan penyakit hati. Ini dapat ditularkan melalui aktivitas seksual serta melalui darah yang terinfeksi atau produk darah.

Vaksin untuk hepatitis A juga tersedia. Hepatitis A biasanya tidak menyebar saat berhubungan seks, tetapi dapat ditularkan selama hubungan oral-anal. Vaksin ini direkomendasikan untuk semua anak pada usia 1.
Dapatkan skrining untuk IMS

Tes STI biasa dapat mengurangi konsekuensi jangka panjang dari infeksi. Jika tidak diobati, penyakit bakteri seperti gonore dan klamidia dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk infertilitas. Skrining dapat membantu mencegah komplikasi seperti itu.

Skrining juga dapat mengurangi risiko tertular IMS. Buat kencan untuk diuji dengan pasangan baru sebelum memulai hubungan seksual. Dengan begitu, Anda masing-masing akan tahu jika Anda menempatkan orang lain dalam bahaya, dan pengobatan dapat diberikan jika sesuai.

Skrining IMS adalah ide bagus untuk siapa saja yang aktif secara seksual. IMS dapat mempengaruhi individu dari segala usia atau status hubungan.
Dapatkan Pap smear reguler

Pap smear adalah bagian rutin dari perawatan kesehatan wanita dan dimulai pada usia 21. Tes ini mendeteksi tanda-tanda awal perubahan serviks yang dapat menyebabkan kanker serviks jika tidak ditangani. Perubahan prakanker dapat ditindaklanjuti dan diobati sebelum menjadi serius.

Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh HPV. Karena itu, mempraktekkan seks yang aman dapat mengurangi risiko kanker serviks. Vaksinasi HPV dapat mengurangi risiko Anda juga. Ada banyak strain HPV penyebab kanker. Vaksinasi, berlatih seks aman, dan Pap smear teratur semuanya diperlukan.

Kanker serviks invasif, dan perawatannya, dapat memiliki efek negatif pada kehidupan seks dan kesuburan Anda. Lebih baik untuk menangkap perubahan serviks lebih awal daripada menunggu mereka menyebabkan kerusakan.
Menstruasi dan kesehatan reproduksi

Wanita sering menganggap bahwa nyeri panggul, seperti kram, adalah normal. Mereka telah diberitahu bahwa menstruasi seharusnya sakit. Oleh karena itu, mereka mungkin tidak mendiskusikan ketidaknyamanan mereka dengan dokter mereka.

Perempuan tidak harus hidup dengan nyeri panggul yang serius atau kram perut. Sering sakit yang parah selama periode Anda adalah tanda masalah kesehatan. Ini mungkin berhubungan dengan kesuburan atau rasa sakit saat berhubungan seks.

Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan lapisan rahim, di luar rahim. Lapisan ini disebut endometrium. Itu adalah sumber darah dan jaringan saat menstruasi. Itu juga diperlukan untuk menyuburkan janin yang sedang tumbuh.

Ketika seorang wanita mengalami endometriosis, endometrium menumpuk ke organ dan jaringan di seluruh perut dan panggul. Ini bisa sangat menyakitkan. Gejala endometriosis meliputi:

    nyeri haid yang parah
    sakit saat berhubungan seks
    nyeri saat buang air besar
    pendarahan hebat
    perdarahan antar periode

Nyeri akibat endometriosis sering bisa diobati. Perawatan tergantung pada apakah Anda ingin memiliki anak. Pilihan termasuk:

    obat anti inflamasi
    terapi hormon
    operasi untuk mengangkat kelebihan jaringan
    histerektomi (pengangkatan rahim)

Fibroid

Fibroid adalah tumor non-kanker uterus. Penelitian menunjukkan bahwa hingga 77 persen wanita memiliki fibroid. Namun, sebagian besar wanita tidak akan membutuhkan perawatan. Fibroid tidak selalu menyakitkan atau bermasalah. Mereka tidak meningkatkan risiko kanker Anda. Fibroid besar dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memiliki anak.

Fibroid dapat mempengaruhi kehidupan seks Anda jika menyebabkan:

    nyeri panggul
    sakit saat berhubungan seks
    masalah dengan perdarahan menstruasi yang berat atau menyakitkan.

Jika perawatan diperlukan, beberapa opsi tersedia. Dokter Anda dapat membantu Anda memutuskan metode mana yang terbaik untuk Anda.
Kontrol kelahiran

Jika Anda seorang wanita yang berhubungan seks dengan pria, penting untuk mengetahui opsi untuk mengontrol kelahiran. Mencoba untuk hamil atau khawatir tentang kehamilan yang tidak diinginkan akan mempengaruhi kehidupan seks banyak wanita.

Pilihan kontrol kelahiran berkisar dari kondom yang terjangkau, penggunaan saat dibutuhkan hingga alat kontrasepsi dalam rahim (IUD), yang dapat bertahan hingga 12 tahun. Beberapa metode memerlukan resep atau prosedur minor di kantor dokter, dan beberapa lainnya tidak.

Pilihan kontrasepsi meliputi:

    kondom pria atau wanita
    IUD
    pil KB
    spons kontrasepsi
    topi serviks
    diafragma
    patch atau cincin hormonal
    tembakan kontrol kelahiran
    di bawah implan kulit
    sterilisasi

Bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan mana yang tepat untuk Anda. Efektivitasnya sangat bervariasi. Begitu juga kemudahan penggunaannya. Sterilisasi untuk wanita dan pria dianggap yang paling efektif, tetapi permanen.
Hubungan seksual dan libido

Beberapa masalah kesehatan seksual mempengaruhi aktivitas seksual dan libido.
Kurangnya minat seks

Ada banyak alasan mengapa seorang wanita mungkin memiliki minat seks yang berkurang. Menurut Mayo Clinic, kemungkinan penyebab penurunan libido pada wanita termasuk:

    obat baru
    kondisi medis kronis
    kelelahan
    mati haid
    kehamilan, setelah periode persalinan, dan menyusui
    kecemasan atau depresi
    menekankan

Jika Anda mengalami kurangnya minat seks, bicarakan dengan dokter Anda. Mungkin ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Dokter Anda dapat mengobati banyak kondisi, serta merujuk Anda ke terapis seks atau terapis lain untuk konseling. Terapi pasangan mungkin bermanfaat juga. Jika Anda terganggu oleh dorongan seks yang menurun, ada berbagai metode dan perawatan yang dapat membantu.
Seks yang menyakitkan

Hubungan seksual seharusnya tidak menyakitkan. Jika Anda mengalami rasa sakit saat berhubungan seks, bicarakan dengan dokter Anda. Ada beberapa potensi penyebab nyeri seksual. Ini termasuk:

    infeksi
    endometriosis
    fibroid
    vaginismus
    vulvodynia
    kekeringan vagina

Seks yang menyakitkan dapat diobati dengan berbagai cara, tergantung pada penyebabnya. Ketika Anda berbicara dengan dokter Anda tentang masalah Anda, bersiaplah untuk mendiskusikan jika Anda memiliki rasa sakit:

    dan keputihan atau gejala vagina apa pun
    selama penetrasi
    ketika disentuh di luar vulva Anda
    setelah berhubungan seks
    selama penetrasi mendalam

Detailnya penting. Mereka dapat membantu dokter Anda mendiagnosis masalah yang mendasari yang mungkin menyebabkan rasa sakit Anda.
Masalah dengan orgasme

Ada kesalahpahaman umum bahwa semua wanita harus dapat orgasme dari hubungan seks vagina. Namun, banyak wanita membutuhkan rangsangan klitoris langsung untuk mencapai klimaks.

Jika Anda mengalami kesulitan mencapai orgasme, berlatihlah sendiri untuk melihat apa yang terasa baik untuk Anda. Saat mandi atau mandi adalah saat yang tepat untuk eksplorasi diri. Penting juga untuk menjaga komunikasi tetap terbuka antara Anda dan pasangan seksual Anda. Untuk pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan seksual Anda, terapis seks dapat menjadi sumber yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar