Senin, 03 September 2018

Penyebab Perut Kembung dan Nyeri Punggung

Kembung terjadi ketika perut terisi dengan udara atau gas. Ini bisa membuat perut Anda tampak lebih besar dan terasa kencang atau susah disentuh. Ini juga dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan nyeri, yang mungkin dirasakan di punggung Anda.

Bagian belakang berfungsi sebagai sistem pendukung dan penstabilisasi untuk tubuh Anda. Sangat rentan terhadap cedera dan ketegangan, jadi tidak jarang merasakan sakit punggung bersamaan dengan perut kembung. Rasa sakit dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dan jenis, dari tajam dan menusuk, sampai tumpul dan sakit.

Berikut adalah 14 kemungkinan penyebab perut kembung dan sakit punggung.
Haid

Menstruasi terjadi ketika rahim melepaskan lapisannya sebulan sekali. Rasa sakit, kram, dan ketidaknyamanan selama periode menstruasi adalah normal. Baca lebih lanjut tentang alasan untuk menstruasi yang menyakitkan.
Premenstrual syndrome (PMS)

Premenstrual syndrome (PMS) adalah kondisi yang mempengaruhi emosi wanita, kesehatan fisik, dan perilaku selama hari-hari tertentu dari siklus menstruasi, umumnya tepat sebelum menstruasi. Baca lebih lanjut tentang gejala PMS.
Endometriosis

Gejala endometriosis bervariasi. Beberapa wanita mengalami gejala ringan, tetapi yang lain dapat memiliki gejala sedang sampai berat. Baca lebih lanjut tentang menilai risiko endometriosis Anda.
Kehamilan

Beberapa tanda yang paling penting dari kehamilan awal termasuk kelelahan, mual (juga disebut morning sickness), payudara bengkak atau nyeri, dan konstipasi. Beberapa wanita juga bisa mengalami kram dan pendarahan ringan. Baca lebih lanjut tentang hal-hal yang perlu diingat selama kehamilan.
Sindrom iritasi usus (IBS)

Sindrom adalah kumpulan gejala yang sering terjadi bersamaan. Iritable bowel syndrome (IBS) adalah sindrom umum yang menyebabkan banyak individu mencari bantuan medis. Baca lebih lanjut tentang pemicu IBS.
Batu empedu

Banyak orang memiliki batu empedu dan tidak pernah mengetahuinya. Batu empedu adalah endapan keras di kandung empedu Anda, organ kecil yang menyimpan empedu, yang merupakan cairan pencernaan yang dibuat di hati. Baca lebih lanjut tentang faktor-faktor risiko batu empedu.
Batu ginjal

Batu ginjal biasanya berasal dari ginjal Anda, tetapi bisa berkembang di mana saja di sepanjang saluran kemih Anda. Baca lebih lanjut tentang batu ginjal.
Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih (ISK) dapat terjadi di bagian manapun dari saluran kemih. Bakteri menyebabkan sebagian besar UTI. Baca lebih lanjut tentang mencegah ISK.
Kista ovarium

Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista akan terbentuk di salah satu indung telur. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama masa hidup mereka. Baca lebih lanjut tentang jenis kista ovarium.
Kehamilan ektopik

Dalam kasus kehamilan ektopik, sel telur yang dibuahi tidak menempel ke rahim. Sebaliknya, mungkin menempel ke tuba fallopi, rongga perut, atau leher rahim. Ini bisa menjadi keadaan darurat medis. Baca lebih lanjut tentang kehamilan ektopik.
Penyakit celiac

Penyakit celiac adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh reaksi imun abnormal terhadap gluten. Gejala penyakit celiac biasanya melibatkan usus dan sistem pencernaan, tetapi mereka juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh. Baca lebih lanjut tentang makanan yang harus dihindari.
Fibromyalgia

Sindrom fibromyalgia adalah gangguan jangka panjang atau kronis. Ini terkait dengan nyeri yang meluas pada otot dan tulang, area kelembutan, dan kelelahan umum. Baca lebih lanjut tentang fibromyalgia.
Kanker ovarium

Kanker ovarium dapat terjadi di beberapa bagian ovarium yang berbeda. Baca lebih lanjut tentang gejala kanker ovarium.
Polio

Polio (juga dikenal sebagai poliomyelitis) adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Baca lebih lanjut tentang polio dan perawatan pasca polio.

Penyebab perut kembung dan nyeri punggung tergantung pada gejala mana yang datang lebih dulu. Jika nyeri punggung adalah gejala utama Anda, klik di sini untuk membaca tentang penyebab sakit punggung. Jika gejala utama Anda adalah perut kembung, baca terus.

Apa yang menyebabkan perut kembung?

Perut kembung umumnya disebabkan oleh gas dan udara di saluran pencernaan. Ketika tubuh Anda memecah makanan yang tidak dicerna, gas menumpuk di saluran pencernaan, dari esofagus ke usus besar. Anda juga bisa menelan udara. Ada kemungkinan untuk menelan lebih banyak udara dari biasanya dengan:

    makan atau minum terlalu cepat
    mengunyah permen karet
    merokok
    memakai gigi palsu longgar

Bersendawa dan perut kembung adalah dua cara menelan udara meninggalkan tubuh. Pengosongan lambung yang tertunda (transportasi gas lambat) selain akumulasi gas juga bisa menyebabkan kembung dan distensi abdomen.
Kemungkinan penyebab lainnya

Perut kembung dan nyeri punggung biasanya hilang seiring dengan waktu. Jika perut Anda kembung dan sakit punggung menetap, buatlah janji dengan dokter Anda. Anda mungkin memerlukan bantuan medis jika gejala Anda disebabkan oleh infeksi atau penyakit berat atau kronis lainnya.

Kondisi ini mungkin termasuk:

    asites, penumpukan cairan di perut
    tumor kanker, seperti karsinoma ovarium
    pankreatitis kronis atau kanker pankreas
    penyakit hati
    infeksi saluran gastrointestinal, obstruksi, atau perforasi

Kapan mencari bantuan medis

Segera cari pertolongan medis jika:

    kamu hamil
    perut kembung dan sakit punggung Anda lebih kuat dari sebelumnya
    obat nyeri over-the-counter (OTC), atau paket panas atau es tidak memberikan bantuan
    kembung dan nyeri berdampak fungsi sehari-hari

Anda juga harus mencari perhatian segera jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut:

    darah di bangku Anda
    sakit dada
    sulit bernafas
    kebingungan
    hilang kesadaran
    muntah yang tidak terkontrol
    demam atau kedinginan

Buat janji dengan dokter Anda jika Anda mengalami salah satu gejala berikut selama lebih dari 24 jam:

    refluks asam lambung
    darah dalam air kencingmu
    sakit kepala
    mulas
    gatal, ruam berbusa
    buang air kecil yang menyakitkan
    peningkatan frekuensi atau urgensi urin
    kelelahan yang tidak dapat dijelaskan

Bagaimana perut kembung dan nyeri punggung dirawat?

Perawatan untuk perut kembung dan sakit punggung tergantung pada penyebab gejala Anda. Dokter Anda dapat merekomendasikan tes darah dasar atau pencitraan untuk menemukan penyebab gejala Anda sebelum merekomendasikan perawatan.
Mengelola perut kembung dan nyeri punggung

Sebagian besar waktu perut kembung dan sakit punggung akan sembuh dengan sendirinya, tetapi ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengelola ketidaknyamanan.

Untuk mengurangi kembung:

    Minum banyak air atau cairan bening lainnya.
    Minum obat OTC atau obat pengurang asam, seperti antasida, tetes simetikon, atau enzim pencernaan.
    Minum lebih sedikit minuman berkarbonasi dan kurangi penggunaan sedotan.
    Hindari makan terlalu banyak makanan yang dapat menyebabkan gas, seperti makanan yang mengandung karbohidrat seperti kacang kering, produk susu dengan laktosa, barang-barang fruktosa tinggi, dan sebagian besar makanan bertepung.
    Seimbangkan asupan makanan yang mengandung serat larut (misalnya kacang, oat bran) dan serat tidak larut (misalnya dedak gandum, sayuran hijau), karena pencernaan serat larut dalam usus besar menyebabkan gas.
    Jika Anda memiliki intoleransi makanan, hindari makan atau minum makanan tersebut.

Tubuh setiap orang adalah unik, jadi makanan tertentu yang dapat menyebabkan banyak gas dan kembung pada satu orang mungkin tidak melakukan hal yang sama di tempat lain.

Perawatan untuk nyeri punggung:

    Menerapkan paket es dan paket panas secara bergantian selama 10 menit setiap kali dapat membantu meredakan nyeri punggung dan ketidaknyamanan. Beristirahat punggung dan menahan diri dari angkat berat juga dapat meminimalkan gejala yang menyakitkan.
    Pijat bekerja sebagai pengobatan komplementer untuk nyeri punggung. Mereka juga dapat memberikan bantuan ekstra untuk kembung.
    Latihan dan postur yang baik dapat membantu mengurangi sakit punggung dan mungkin bermanfaat untuk kembung juga.
    Pereda nyeri OTC seperti ibuprofen dan acetaminophen dapat memberikan bantuan dari sakit punggung. Namun, ada risiko dengan penggunaan berlebihan dari obat nyeri ini. Tanyakan kepada dokter tentang cara lain untuk mengelola rasa sakit jika Anda perlu meminumnya untuk waktu yang lama.

Pandangan

Selain menghindari makanan yang diketahui menyebabkan perut kembung, ada perubahan gaya hidup lain yang dapat mencegah gejala. Ini termasuk:

    minum banyak air, yang membantu mengurangi konstipasi
    makan makanan sehat, seimbang yang mempromosikan keteraturan dalam saluran pencernaan Anda
    makan beberapa makanan kecil setiap hari, bukan lebih sedikit, lebih besar
    berolahraga secara teratur

Meskipun Anda tidak dapat selalu mencegah nyeri punggung, menggunakan teknik pengangkatan yang tepat dan menghindari waktu duduk yang lama dapat membantu Anda menemukan beberapa bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar